Selasa, 27 Maret 2012

GIZI SANG HATI

PENYEJUK  QOLBU
Dari Abu Kabsyah al-Anshari ra. Berkata Rasulullah saw. Bersabda, “ Aku bersumpah dalam 3 hal dan sungguh aku tekankan kepadamu untuk menjaganya : 
  • Tidak berkurang harta seorang hamba jika di sedekahkan.
  • Tidaklah teraniaya seorang hamba oleh ketidakadilan selama ia bersabar atasnya, melainkan Allah menambahkan kemuliaanya.
  •   Tidaklah seorang hamba menceritakan kesempitanya maka Allah membukakan pintu kefairan padanya
Atau dalam kalimat lain : “ Aku sampaikan kalian agar menjaganya, Sesungguhnya dunia itu terbagi atas 4 peringkat  :
  • Pertama, Seseorang hamba yang di beri harta dan ilmu oleh Allah, menjadikan Ia bertaqwa dan menyambung silaturrahim dan diapun mengetahui hak Allah di dalamnya.
  • Kedua, Seseorang hamba yang di berikan ilmu tanpa harta oleh Allah, dan memiliki niat yang benar . Ia berkata : seandainya aku di beri harta, maka aku akan sungguh-sungguh mengamalkan sebagaimana yang hamba(pertama) lakukan. Maka Ia dengan niat yang benar  tersebut mendapatkan pahala yang sama sebagaimana yang hamba (pertama) dapatkan.
  • Ketiga, Seseorang hamba yang di berikan harta tanpa ilmu oleh Allah, kemudian Ia mengumbar hartanya tanpa perhitungan. Ia tidak bertaqwa dan tidak menyambung silaturrahim, Ia juga tidak mengetahui hak Allah dalam pemberian tersebut, maka Ia digolongkan dalam peringkat yang jelek.
  • Keempat, Seseorang hamba yang tidak berharta dan tanpa ilmu. Kemudian Ia berkata. “ Seandainya aku berharta, aku akan berbuat sebagaimana hamba yang ketiga. Maka dengan niat jelek tersebut, Ia dan orang peringkat ketiga sam-sama berdosa

0 komentar:

Posting Komentar